RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Plus Negeri 17 Palembang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Keterbagian dan Faktorisasi Polinom
Alokasi Waktu : 26 JP
Kompetensi Inti
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, renponsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar Dari KI 3 Kompetensi Dasar Dari KI 4
Menganalisis keterbagian dan faktorisasi polinom Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktorisasi polinomial
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) KD 3 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 4
Mendeskripsikan polinom.
Menentukan nilai suatu polinom.
Menentukan hasil bagi dan sisa suatu polinom dengan cara bersusun dan horner.
Menentukan sisa suatu polinom oleh (ax+b) dan (x-a)(x-b).
Memahami teorema faktor. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan polinom.
Menentukan akar persamaan polinom berdasarkan aproksimasi.
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pemberian rangsangan dan identifikasi masalah, menggali informasi untuk pengumpulan data, melakukan pengolahan data serta verifikasi dan menarik kesimpulan, diharapkan siswa terlibat aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, komunikasi dalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat memahami keterbagian dan faktorisasi polinom.
Materi Pembelajaran
Pengertian Suku Banyak
Nilai Suku Banyak
Pembagian Suku Banyak
Teorema Sisa
Akar-akar Persamaan Suku Banyak
Jumlah dan Hasil Kali Akar-akar
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan
Model : Discovery learning
Media Pembelajaran
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
Sumber Belajar
Sembiring Suwah, (2010). Matematika untuk SMA/MA Kelas XI IPA semester 1&2. Jakarta: Yrama Widya
Widiarno, (2015). Polinom (Suku Banyak). (http://www.aksiomaid.com/Matematika/Ringkasan-materi/0121010100000000/Polinom-(Suku-Banyak)/PENGERTIAN-POLINOM, diakses tanggal 12 Juli 2017)
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) KD 3 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 4
Mendeskripsikan polinom.
Menentukan nilai suatu polinom. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan polinom.
No Tahap Kegiatan EstimasiWaktu
1 Pendahuluan Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
Mengkondisikan peserta didik dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya dikelas x yaitu persamaan kuadrat.
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya;
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan;
Menyampaikan tujuan yaitu dapat mendiskripsikan pollinom dan menentukan nilai polinom.
Pembagian kelompok belajar dalam 4-5 siswa perkelompok;
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10’
2 Inti Stimulation.
Guru menyajikan permasalahan berkaitan materi Polinom dalam bentuk kalimat dan gambar untuk diamati oleh peserta didik secara berkelompok, baik melalui tayangan ppt maupun lembar kerja.
Problem Statement
Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur atau variabel-variabel yang ada pada masalah Polinom, dan membuat catatan berdasarkan hasil temuan, serta membuat rumusan penyelesaian masalah masalah berdasarkan data-data yang ditemukan.
Data Collecting
Peserta didik mencari serta mengumpulkan data/informasi yang berkaitan dengan permasalahan Polinom baik dari buku paket Matematika Peminatan Kelas XI, sumber lain yang relevan atau intenet.
Data Processing
Peserta didik melakukan diskusi bersama kelompok untuk menyelesaikan masalah Polinom dengan menggunakan berbagai informasi yang telah dikumpulkan dan membuat kesimpulan sementara hasil kesepakatan dari kelompoknya.
Verification
Peserta didik memverifikasi penyelesaian masalah hasil diskusi kelompoknya, dan setelah kegiatan diskusi kelompok selesai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya untuk membandingkan hasil diskusi antar kelompok. Guru mengarahkan proses pembelajaran ke bentuk tanya jawab.
Generalization
Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan berkaitan dengan materi Polinom berdasarkan hasil rangkuman dari kesimpulan setiap kelompok setelah sesi presentasi.
70’
3 Penutup Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan peserta didik.
Guru mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran dengan memberikan kuis
Guru memberikan tugas terstruktur berupa tugas baca tentang materi berikutnya, yaitu menentukan hasil bagi dan sisa suatu polinom dengan cara bersusun dan horner 10’
Pertemuan 2
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) KD 3 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 4
Menentukan hasil bagi dan sisa suatu polinom dengan cara bersusun dan horner.
No Tahap Kegiatan EstimasiWaktu
1 Pendahuluan Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
Mengkondisikan peserta didik dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya yaitu persamaan lingkaran.
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya;
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan;
Menyampaikan tujuan yaitu dapat menentukan hasil bagi dan sisa suatu polinom dengan cara bersusun dan horner.
Pembagian kelompok belajar dalam 4-5 siswa perkelompok;
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 10’
2 Inti Stimulation.
Guru memberikan sebuah permasalahan mengenai polinom yang telah disajikan kemudia siswa membaca dan mengamati permasalahan tersebut dengan cermat.
Problem Statement
Guru memberikan cara melakukan operasi aljabar pada polinom sisa mencari informasi mengenai penyelesaian masalah pada polinom.
Data Collecting
Peserta didik mencari serta mengumpulkan data/informasi yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pada polinom pada buku paket Matematika kelas XI, sumber lain yang relevan atau internet.
Data Processing
Peserta didik melakukan diskusi bersama kelompok untuk menentukan hasil bagi dan sisa dari persamaan polinom.
Verification
Peserta didik memverifikasi penyelesaian hasil diskusi kelompoknya, dan setelah kegiatan diskusi kelompok selesai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya untuk membandingkan hasil diskusi antar kelompok. Proses pembelajaran diarahkan ke bentuk tanya jawab.
Generalization
Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan berkaitan dengan hasil bagi dan sisa berdasarkan hasil rangkuman dari kesimpulan setiap kelompok setelah sesi presentasi.
70’
3 Penutup Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan peserta didik.
Guru mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran dengan memberikan kuis
Guru memberikan tugas terstruktur berupa tugas baca tentang materi berikutnya, yaitu menentukan sisa suatu polinom oleh (ax+b).
Guru memberi salam 10’
Pertemuan 3
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) KD 3 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 4
Menentukan sisa suatu polinom oleh (ax+b).
No Tahap Kegiatan EstimasiWaktu
1 Pendahuluan Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
Mengkondisikan peserta didik dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya yaitu hasil bagi dan sisa dari polinom.
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya;
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan;
Menyampaikan tujuan yaitu dapat menentukan sisa polinom oleh (ax+b) dan (ax^2+bx+c).
Pembagian kelompok belajar dalam 4-5 siswa perkelompok;
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 10’
2 Inti Stimulation.
Guru memberikan bentuk terorema sisa, hasil bagi dan sisa pada suatu polinom dengan pembagi (ax+b) dan (ax^2+bx+c)
Problem Statement
peserta didik mengidentifikasi hasil bagi dan sisa dari setiap pembagian polinom terhadap pembagi (ax+b) dan (ax^2+bx+c).
Data Collecting
Peserta didik mencari serta mengumpulkan data/informasi yang berkaitan dengan terorema siswa pada buku paket Matematika kelas XI, sumber lain yang relevan atau internet.
Data Processing
Peserta didik melakukan diskusi bersama kelompok untuk menentukan persamaan sisa dari pembagi (ax+b) dan (ax^2+bx+c) dengan menggunakan teorema sisa
Verification
Peserta didik memverifikasi penyelesaian hasil diskusi kelompoknya, dan setelah kegiatan diskusi kelompok selesai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya untuk membandingkan hasil diskusi antar kelompok. Proses pembelajaran diarahkan ke bentuk tanya jawab.
Generalization
Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan berkaitan dengan teorema sisa berdasarkan hasil rangkuman dari kesimpulan setiap kelompok setelah sesi presentasi.
70’
3 Penutup Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan peserta didik.
Guru mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran dengan memberikan kuis
Guru memberikan tugas terstruktur berupa tugas baca tentang materi berikutnya, yaitu Teorema Faktor.
Guru memberi salam 10’
Pertemuan 4
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) KD 3 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 4
Memahami teorema faktor.
Menentukan akar persamaan polinom berdasarkan aproksimasi.
No Tahap Kegiatan EstimasiWaktu
1 Pendahuluan Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
Mengkondisikan peserta didik dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya yaitu teorema sisa.
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya;
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan;
Menyampaikan tujuan yaitu dapat menentukan irisan dua lingkaran.
Pembagian kelompok belajar dalam 4-5 siswa perkelompok;
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. 10’
2 Inti Stimulation.
Guru memberikan persamaan polinom dan faktor-faktor dari polinom tersebut. Guru mengarahkan siswa untuk menganalisis tiap faktor-faktor dari polinom tersebut.
Data Collecting
Peserta didik mencari serta mengumpulkan data/informasi yang berkaitan dengan teorema faktor pada buku paket Matematika kelas XI, sumber lain yang relevan atau internet.
Data Processing
Peserta didik melakukan diskusi bersama kelompok untuk menentukan faktor dari polinom.
Verification
Peserta didik memverifikasi penyelesaian hasil diskusi kelompoknya, dan setelah kegiatan diskusi kelompok selesai, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya untuk membandingkan hasil diskusi antar kelompok. Proses pembelajaran diarahkan ke bentuk tanya jawab.
Generalization
Peserta didik dengan bimbingan guru membuat kesimpulan berkaitan dengan persamaan garis singgung lingkaran berdasarkan hasil rangkuman dari kesimpulan setiap kelompok setelah sesi presentasi.
70’
3 Penutup Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan peserta didik.
Guru mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran dengan memberikan kuis
Guru memberi salam 10’
Penilaian
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik, Portofolio
Bentuk Penilaian :
Obsevasi : Lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
Instrumen Penilaian (terlampir)
Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar